Sigi: Diantara Calon Presiden Tua, Prabowo Juara

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Bayu.

-Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas sebagai calon presiden yang paling dipilih menurut sigi Political Weather Station (PWS). Prabowo meraup 16,7 persen suara dari 1.070 responden, mengalahkan Megawati Soekarnoputri (12,5 persen) dan Aburizal Bakrie (10,9 persen).

"Mereka itu figur capres generasi tua," kata periset PWS Imam Faisal dalam konferensi persnya di Jakarta, Ahad, 27 Oktober 2013. Prabowo, kata Imam, paling dipilih di antara calon presiden yang merupakan ketua umum atau ketua dewan pembina 11 partai yang ikut Pemilu 2014.

Dalam siginya, PWS mengaku mengajukan pertanyaan tertutup kepada responden untuk memilih nama-nama seperti Prabowo, Megawati, Aburizal, Jusuf Kalla, Wiranto, Surya Paloh, Yusril Ihza Mahendra, sampai Sutiyoso. "Mereka figur capres yang sudah muncul sejak Pemilu 1999 sampai sekarang dan 2014 mendatang," kata Imam.

Ke nama Jokowi? Menurut Imam, Gubernur DKI Joko Widodo memang tidak tercantum dalam sigi. Hal ini karena dalam survei dilakukan pengelompokan tokoh yang relevan dengan fenomena politik pencapresan Indonesia saat ini. Pencapresan hanya didominasi oleh mereka yang menduduki ketua umum atau ketua dewan pembina di partainya. "Makanya tak ada nama Joko Widodo, Dahlan Iskan, atau yang lainnya," kata Imam.

Lembaga yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur itu, kata Imam, menyelenggarakan sigin pada 21 September - 24 Oktober 2013. Respondenya sebanyak 1.070 calon pemilih dari 32 provinsi yang diambil lewat teknik multistage random sampling.

Imam mengatakan, level of confidence siginya 95 persen. Dengan margin of error plus minus 3 persen, hasil sigi PSW diklaim bisa dipercaya. Para periset PWS disebut meyigi dengan metode wawancara langsung dengan panduan kuosioner. Selain wawancara tatap muka, PWS juga mengaku menelepon responden untuk mengecek jawaban wawancara.

Namun, selain mengajukan pertanyaan tertutup, PWS juga mengajukan pertanyaan semi-terbuka. Dalam metode itu, PWS mengajukan siapa capres yang akan dipilih berdasarkan tokoh muda dari masing-masing partai. Untuk kategori tokoh muda, Jokowi meraup 70 persen suara di PDI Perjuangan, atau paling tinggi di antara nama-nama dari partai lain yang muncul.