PAN Turun Karena Hatta Sibuk Bantu Presiden

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Tommy.  

-  Popularitas Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa dinilai tidak akan turun, meski perolehan suara partai berlambang matahari itu merosot berdasarkan sejumlah survei. Justru, DPP PAN menilai popularitas ketumnya sebagai kandidat calon presiden di Pilpres 2014 mendatang tetap naik.

"Meski, survei partai turun, namun kecenderungan survei Pak Hatta terus naik. Maka, diperlukan cara lebih tepat, bagaimana partai juga bisa terkena imbasnya. Pak Hatta sebagai Menko Perekonomian, juga berimbas turunnya elektabilitas PAN," kata Wakil Sekjen DPP PAN Teguh Juwarno yang dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis 26 Juli 2012.

Menurut Teguh, sebagai Menko Perekonomian, Hatta bukanlah seorang pembantu presiden yang hanya sibuk mengurusi partainya. "Dan hasil survei yang dilakukan, bisa kita pahami. Sebagai pembantu presiden, Pak Hatta fokus dalam kapasitasnya sebagai menteri. Dan ini sekaligus menepis anggapan, menteri ketum parpol hanya sibuk mengurus partainya saja," katanya lagi.

Dalam hasil survei Litbang Kompas yang kemarin, PAN mengalami penurunan suara. Bila pemilu digelar saat ini, PAN hanya akan mendapat 1,8 persen suara. Perolehan suara ini lebih kecil dengan perolehan suara PAN sebesar 2,5 persen.