Debat Capres Ketiga Kembali Jadi Trending Topik

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Bayu.

-Debat calon presiden ketiga kalinya berhasil menjadi trending topik di twitter lagi. Debat bertemakan 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional' ini menuai banyak tanggapan mengenai apa yang disampaikan kedua capres.

"Setelah Prabowo ketahuan menolak cipika-cipiki Jokowi, mungkinkah pada #DebatCapres3 Prabowo langsung inisiatif cium bibir?," cuit akun twitter @MemblebinDower, Ahad, 22 Juni 2014.

Debat ini dipandu oleh moderator Hikmahanto Juwana, dilaksanakan di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta. "DebatCapres3 moderator feel sleppy #keepstrong," kata @Evita9488.

"DebatCapres3 bagaimana menjelaskan ke dunia internasional tentang pelanggaran HAM di Indonesia @pak_JK," tulis ‏@Noegroh08541520.

"Bukannya dilarang menjual bahan mentah ke luar itu sudah ada undang-undangnya? Jadi siapapun presidennya, enggak akan Bochor, bochor #DebatCapres3," cuit ‏@IMRiqo.

"Debatcapres3 rakyat enggak usah capek-capek ikut berdebat cukuplah Tuhan, kita sendiri dan bilik suara yang tahu pilihan kita," tulis ‏@wenysyaf.

Debat malam ini bertemakan politik internasional dan ketahanan nasional. Debat kali ini dibagi menjadi enam sesi. Pertama, moderator memberikan kesempatan pada dua capres untuk menyampaikan visi dan misi selama empat menit. Sesi kedua, merupakan sesi penajaman visi misi selama tiga menit.

Pada sesi ketiga, moderator akan memberikan pertanyaan di mana kedua capres harus menjawab selama tiga menit. Pada sesi keempat dan kelima, kedua capres bisa mengajukan pertanyaan dan tanggapan. Sesi keenam, kedua capres diberikan kesempatan untuk memberikan pernyataan penutup.